MADRASAH YANG MEMBAHAGIAKAN SEBAGAI BUDAYA

 


Masa pengenalan lingkungan madrasah telah dimulai, setiap siswa baru di tingkat Raudlatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah (MA) akan mengikuti Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama). 

Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menghimbau kepada seluruh madrasah untuk melaksanakan kegiatan Matsama tahun ini yang difokuskan pada pengenalan lingkungan madrasah sekaligus menanamkan nilai-nilai positif yang mendukung terciptanya lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi seluruh siswa.

Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Abu Rokhmad mengatakan, Berikan Kesan Istimewa Bagi Siswa-siswi Madrasah, sebab kesan pertama sangat penting untuk membantu siswa baru merasa diterima, dihargai, nyaman, dan siap memulai perjalanan akademik mereka di lingkungan belajar yang baru”.

Abu Rokhmad pun berpesan kepada seluruh Madrasah, “Tidak ada lagi yang menganggap biasa praktik Bullying dalam bentuk verbal, non verbal, fisik, maupun psikis saat masa pengenalan lingkungan madrasah/sekolah.

“Tidak dibenarkan bagi siapapun melakukan tindak kekerasan, perpeloncoan, pelecehan seksual dan intoleran apapun alasannya”, Tegas Abu Rokhmad.

Ia menyampaikan dengan tegas, “Setiap madrasah harus memiliki komitmen untuk menciptakan lingkungan yang bebas dari bullying dan segala bentuk kekerasan. Kami ingin semua siswa merasa dihargai dan aman di madrasah, tempat mereka menuntut ilmu". 

Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah, M. Sidik Sisdiyanto di tempat yang berbeda menekankan, bahwa kebahagiaan siswa menjadi prioritas utama dalam penyelenggaraan Matsama ini. 

"Kami percaya bahwa siswa yang bahagia adalah siswa yang lebih siap untuk belajar dan berkembang. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk menciptakan suasana riang gembira di setiap madrasah," ujarnya.


Lingkungan madrasah yang membahagiakan adalah lingkungan yang kondusif bagi tumbuh kembangnya peserta didik secara holistik, baik dari segi intelektual, emosional, sosial, maupun spiritual. Lingkungan ini tercipta melalui kolaborasi yang erat antara berbagai pihak, yaitu guru, kepala sekolah, staf madrasah, orang tua, dan masyarakat sekitar.

Berikut adalah beberapa ciri-ciri lingkungan madrasah yang membahagiakan:

1. Aman dan Nyaman

Peserta didik merasa aman dan nyaman di madrasah karena terbebas dari segala bentuk kekerasan, perundungan, dan diskriminasi. Madrasah memiliki aturan yang jelas dan tegas untuk menjaga keamanan dan kenyamanan semua warga sekolah.

2. Menghargai dan Menjunjung Tinggi Keragaman

Madrasah menghargai dan menjunjung tinggi keragaman budaya, agama, suku bangsa, dan latar belakang sosial ekonomi peserta didik. Semua peserta didik diperlakukan dengan adil dan hormat, tanpa terkecuali.

3. Mendukung Pembelajaran yang Aktif dan Kreatif

Pembelajaran di madrasah dirancang untuk mendorong peserta didik belajar secara aktif dan kreatif. Guru menggunakan berbagai metode dan strategi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, sehingga peserta didik menjadi lebih termotivasi untuk belajar.

4. Membangun Karakter yang Baik

Madrasah tidak hanya fokus pada pengembangan ilmu pengetahuan, tetapi juga pada pembangunan karakter peserta didik. Madrasah menanamkan nilai-nilai moral dan spiritual yang baik kepada peserta didik, seperti kejujuran, tanggung jawab, disiplin, dan kerjasama.

5. Menjalin Komunikasi yang Terbuka dan Efektif

Madrasah memiliki komunikasi yang terbuka dan efektif antara guru, orang tua, dan peserta didik. Orang tua dilibatkan secara aktif dalam proses pendidikan di madrasah

6. Menyediakan Fasilitas yang Memadai

Madrasah menyediakan fasilitas yang memadai untuk mendukung proses belajar mengajar, seperti ruang kelas yang nyaman, perpustakaan yang lengkap, laboratorium, dan lapangan olahraga.

7. Menyelenggarakan Kegiatan Ekstrakurikuler yang Beragam

Madrasah menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler yang beragam untuk menampung minat dan bakat peserta didik. Kegiatan ekstrakurikuler ini dapat membantu peserta didik mengembangkan bakat dan soft skill mereka.

8. Menciptakan Suasana yang Menyenangkan dan Penuh Kekeluargaan

Di madrasah yang membahagiakan, tercipta suasana yang menyenangkan dan penuh kekeluargaan. Guru dan staf madrasah ramah dan peduli kepada peserta didik. Peserta didik saling menghormati dan menghargai satu sama lain.

Menciptakan lingkungan madrasah yang membahagiakan adalah tanggung jawab bersama. Semua pihak harus bekerja sama untuk mewujudkan madrasah yang menjadi tempat yang menyenangkan bagi peserta didik untuk belajar dan berkembang.




Posting Komentar untuk "MADRASAH YANG MEMBAHAGIAKAN SEBAGAI BUDAYA"